Perpustakaan jadi tempat “ngabuburit”

perpustakaan

Ngabuburit enaknya kemana ya? ada tempat di bogor yang digunakan untuk “ngabuburit” yaitu perpustakaan kota milik pemerintahan  kabupaten bogor, selain kita biasa ngabuburit kita juga bisa menambah ilmu disana.

Bogor, Pelita
Perpustakaan milik Pemerintah Kabupaten Bogor, yang berlokasi di komplek Bumi Tegar Beriman ini, selama puasa menurut Rini Naritha, pustakawan setempat jumlah pengunjung meningkat hampir 60 persen.

Hari biasa pengunjung hanya 30 orang saja, sekarang bisa mencapai 70 orang, apalagi di awal puasa. Kalau dirata-ratakan sih naiknya sampai 60 persen, katanya.

Namun sayangnya, meski mengalami lonjakan pengunjung, mereka yang datang umumnya dari kalangan pelajar. Sementara orang dewasa masih minim.Untuk menggiatkan minat baca memang aga sulit. Tapi kita tetap berusaha sekuat tenaga, agar keberadaan perpustakaan ini bisa menjadi alternatif bagi warga yang ingin mengisi bulan Ramadhan, ujarnya.

Ia menambahkan, selama bulan puasa, perpustakaan buka dari pukul 08.00 dan tutup pukul 14.30 WIB. Bagi para pembaca, tambah Rini, disediakan berbagai jenis buku, di antaranya sains, novel, kreasi, bisnis, fisiologi, dan majalah. Di lantai atas juga disediakan layanan internet gratis bagi pengunjung, tandasnya

Salah seorang pengunjung bernama Alvira Oktavia, siswi kelas VI SDN Curug, mengaku memilih membaca buku di perpustakaan pemkab ini, karena menambah pengetahuan, selain sambil menunggu waktu berbuka puasa sore nanti.

Sekolah dipercepat pulang. Biar puasanya ga batal, mending baca aja di perpustakaan. Daripada main, nanti gampang haus, ujar Alvira, sapaan akrabnya, di sela-sela kegiatan membacanya.

Selama bulan puasa, warga Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari itu, mengaku lebih senang ngabuburit dengan cara membaca buku di perpustakaan. Selain dapat menghabiskan waktu, juga dapat menambah ilmu.

Hampir setiap hari selama puasa kali ini, kegiatan mengunjungi perpustakaan selalu dilakukannya. Datang ke sini seringnya sendiri. Tapi sesekali bersama temen-temen Alvira. Buku cerita anaknya banyak sih, ungkapnya. (ugi)

Sumber: Harian Pelita

About tangnkr

aku dalah anak rantau
This entry was posted in Tempat ngabuburit and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s